Belajar Sukses Budidaya Lele SANGKURIANGsuccess on SANGKURIANG Catfish Culture

Buku ini disusun oleh Ketua Tim Pemuliaan Lele SANGKURIANG, BBPBAT Sukabumi.  Hasil perekayasaan antara Tahun 2000 – 2004, telah berhasil membuat LELE SANGKURIANG yang sudah diakui keunggulannya secara nasional melalui Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan, Republik Indonesia.  Meskipun Lele SANGKURIANG sudah menyebar ke berbagai daerah: Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara hingga Papua, dan sudah diakui memiliki tingkat adaptasi tinggi serta keberhasilan budidayanya, namun masih banyak bagian masyarakat yang menghadapi masalah teknis untuk budidaya SANGKURIANG.  Buku ini disusun untuk menjawab kebutuhan tersebut.

Buku ini TIDAK direncanakan PUBLIKASI untuk DIJUAL.  Penulis berkeinginan besar untuk dapat memPUBLIKASIkan dan menDISTRIBUSIkan buku ini secara GRATIS.  Untuk mewujudkan keinginan tersebut, penulis menunggu SUMBANGAN DONATUR bagi pencetakan buku. Donatur akan dicantumkan dalam UCAPAN TERIMA KASIH atau sebagai PENERBIT bersama dengan BBPBAT Sukabumi.  HAK CIPTA dipegang oleh Penulis.  Penulis tidak akan meminta ROYALTI dari penerbitan buku ini. Sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada publik, jumlah DONASI yang sudah diterima akan dipublikasikan secara reguler pada blog ini.

Lele SANGKURIANG merupakan salah satu varietas lele hasil perbaikan secara genetik dari lele dumbo.  Induk Lele SANGKURIANG memiliki jumlah telur 33,33% lebih tinggi dan kematangan gonad pertama yang lebih lambat dibandingkan dengan lele dumbo.  Pada tingkat pendederan, Lele SANGKURIANG menunjukkan pertumbuhan yang lebih cepat >40% sedangkan pada tingkat pembesaran >10% dibandingkan lele dumbo.  Dua kunci utama yang dapat menyebabkan Lele SANGKURIANG memiliki performa demikian, antara lain: teknik silang-balik dan seleksi pada produksi induk.  Hal ini didukung pula oleh penyediaan teknik budidaya yang tepat yang hampir dapat diterapkan di berbagai daerah dengan berbagai kondisi berbeda, pada skala rumah tangga dengan pemanfaatan lahan marjinal hingga skala industri dengan penyediaan lahan terpadu.

Buku ini memaparkan teknik budidaya lele SANGKURIANG, diantaranya: pemilihan lokasi dan desain wadah baik kolam tanah, plastik maupun bak tembok, teknik pembenihan sistem alami – buatan, teknik pendederan dan pembesaran pada skala rumah tangga – industri dan prosedur operasional untuk produksi calon induk.

This book wrote by Leader Team of Genetic Improvement for SANGKURIANG Catfish, Main Center of Freshwater Aquaculture Development.  The book will not PUBLISHED for SALE.  Author would like to  PUBLISH and DISTRIBUTE the book FREELY as an effort to increase Catfish production in Indonesian fish farmer.  For this purpose, Author waiting DONATION for PRINTING the book. All donation will appear in Credit Title or as an PUBLISHER cooperated with MCFAD. But, copyright to Author only. The book in Indonesian only.

Publication about prominent of SANGKURIANG Catfish has presented at World Aquaculture Society Meeting 2005 and 2007.


71 comments

  1. imam says:

    dimana saya bisa mendapatkan bibit lele sangkuriang (daerah surabaya, pasuruan dan sidoarjo)

  2. rizal says:

    pdf nya kuk url not found ya???minta donk pakkk,,butuh banget soalnya!!!

    makasie sebelumnya oya saya mahasiswa perikanan brawijaya!!!! suwun sanget ^_^

  3. Jaelani says:

    Pak saya pernah gagal dlm budidaya lele krn sifatnya yg kanibal. Skrng saya mau bangkit lg dan gak akan mundur apalagi gagal.

    Saya mau tanya mengenai penyortiran.

    Berapa hari sekali lele harus di sortir dr mulai menetas sampai menjelang panen?

    Saya belum yakin kalau tdk mendapatkan jawaban dr sang pakar, suhu dan praktisi seperti bapak.

    Saya juga mohon doanya pak, moga2 usaha saya berhasil.

    Maaf ya pak, dah nanya eh skalian minta d doain. . Hehe. . .
    Terima kasih

  4. ison says:

    saya tinggal di cinagara sukabumi bogor mau cari benih yg dekat dimana tempatnya..mohon informasi terima kasih..

  5. Darma says:

    Pak Ade Yth,
    Mohon dg hormat jawaban thd pertanyaan pak Jana? tgl 2 Juni 2009 yg dari Garut agar dibuka disini oleh Bapak Ade sehingga semua peternak tahu bagaimana cara beternak yg baik. Jadi pencerahan dari Pak Ade sangat-sangat perlu dan bermanfaat bila dikupas hasil kegagalan peternak lele ini.
    Terima kasih, kami tunggu pencerahannya.

  6. Mocahamad Aji Maulid says:

    mas,,sy mo skripsi nih,,tapi butuh cepet segala tentang lele sangkuriang..apalagi pemasaran dan distribusinya…bisa kabar2in g?.,lewat email aj..klo donasi sy bersedia tp g banyak2 mengingat sy jg mahasiswa yg ngekost…bantu sy yah mas..ilmu lebih bermanfaat klo di tularkan..nt klo dah jd tulisan sy…bisa dikirim ke anda..sebagai bukti niat baik sy..thx bro…reply as soon as possible..i’ll wait

    untuk distribusi, ada baiknya Anda datang ke BBPBAT Sukabumi agar bisa mendapatkan data lengkapnya. untuk pemasaran, sebatas dari BBPBAT juga tersedia datanya tapi kalo yang di masyarakat mungkin harus ditelusuri sendiri.
    ada baiknya juga, Anda mendeskripsikan secara singkat penelitian yang akan dilakukan. mudah2an saya bisa membantu yang Anda inginkan!

  7. Idi says:

    bos tolong informasi harga indukan lele SANGKURIANG
    kirim by email ya bos
    thx,,,,
    salam sukses,,,,

  8. yandri says:

    pak saya mau survey sekaligus mau belajar berternak lele sangkuriang, mohon alamat tempat bapak.

  9. bang jay says:

    sore juragan, kenapa hasil dari 3 pasang lele sangkuriang yang jadi cuma 10.000 ekor

    hatur nuhun

    bila yang anda miliki adalah sangkuriang asli, dari 3 pasang (3 induk betina) dapat menghasilkan telur sekitar 150ribu butir, penetasan telur (dengan pemeliharaan normal) >90% sehingga dapat larva 135rb ekor. bila anda hanya menghasilkan benih (misalnya ukuran 3-5 cm) hanya 10rb ekor, mungkin ada prosedur pemeliharaan benih yang kurang tepat. ada baiknya coba anda ‘review’ kembali cara pemeliharaan yang anda gunakan

  10. Setia says:

    mohon bantuannya ya kang… saya baru menekuni peluang bisnis lele ini saya baru mencoba utk memijahkan lele di kolam beton dengan ukuran 1.5M X 2M dan saya isi air PAM setinggi 40cm setelah dikawinkan kemudian lele2 tersebut bertelur yang sangat banyak yang menempel dikakaban yang menutupi 80% dasar kolam, setelah bertelur keesokkan harinya kedua indukannya saya ambil dan saya keringkan air kolamnya menjadi setinggi 10cm tapi saya bingung suda 2 hari ini telurnya tidak menetas malah 90% telurnya tumbuh jamur dan keputihan, yang saya ingin tanyakan apakah ada yang salah dalam tata cara saya melakukan pemijahan tersebut dan apakah telur2 tersebut masih bisa menetas? tolongya kasih tipsnya ya….? trims sebelumnya… Setia Palembang

  11. mujianto says:

    Juragan,

    Bisa kasih informasi, gimana ceritanya… asal-usul (sejarah singkat lele sangkuriang?) atau silsilahnya? Terima kasih

  12. IMAN says:

    dicari bibit lele phyton danlele sangkuriang di daerah bandung
    mohon informasinya.

  13. wira says:

    pak bisa kasi ilmu sedikit, saya ternak dikolam beton, dan coba tebar 200 bibit, tapi 50 % mati bibitnya, bisa kasi ilmu mungkin buku panduan….atau apa, kalo lele, apa boleh kasi eceng gondok diatasnya, mungkin di kepanasan, dengan tempraturnya.

    kematian yang cukup tinggi terutama pada awal penebaran biasanya diakibatkan penanganan panen, transportasi dan penanaman kembali di lingkungan baru yang tidak dilakukan dengan benar. Coba cari bibit yang baik terutama penanganannya ketika panen dan transportasi

  14. wira says:

    saya mau coba ternak lele 10.000 bibit, saya dengar lele sangkuriang lebih cepat, tapi saya dengar juga sangkurian klo di goreng lama matengnya, maka untuk pedagang kaki lima tidak mau membelinya. mohon komentar

    sejauh pengamatan dan pengalaman Saya, informasi tersebut TIDAK BENAR

  15. wira says:

    dimana saya bisa dapatkan bibit sangkuriang ….? mohon imfonya

    silahkan hub BBPBAT 0266 225211

  16. Rio says:

    Jual bibit lele Sangkuriang hasil pemijahan alami terjamin ketahanannya, akan di pandu bagi pemula. Dapat di kirim ke seluruh nusantara berlokasi di Ciawi – Bogor.

  17. ari says:

    maen k rmh bisa ga pak,aq mau cari informasi minta alamat rumahnya doooooonk.
    Ari K-PULET (kelompok peternak lele terpal )
    KARAWANG

  18. Dimas harida says:

    Buat pak jana,lokasi d garut nya dman…klo boleh saya pingn main k tmpt pak jana.

  19. rey says:

    kami menjual limbah roti utuh,cocok untuk alternatip pakan ikan,pakan bebek,pakan ayam kampung,untuk campuran bahan pakan racikan,kami menjual dengan harga per karung Rp.40.000.- berat perkarung kurang lebih per karung 25kg,apabila ada yang minat hub : 0852 1112 7767 ( rey regensil bogor )

  20. inggit says:

    pak, saya binun nich… butuh gambar gonad jantan dan betina lele. kalau bapak ada dan berkenan saya mohon untuk dibagi… dikirim via e-mail saja…

    berapa kisaran telur yang dihasilkan induk lele sangkuriang??

  21. idris says:

    saya punya usaha pembesaran lele sangkuriang,,,saya masih terkendala di pemasaran,barangkali temen temen atau bapak atau siapa saja y mau kerjasama baik penerimaan hasil ataupun yang bersipat meningkatkan kesuksesan kita.trimakasih jika ada y mau bekerjasama

Leave a Reply