belajar dari lele SANGKURIANGlearn from SANGKURIANG catfish

Perekayasaan perbaikan mutu induk lele sudah dilakukan di Balai Budidaya Air Tawar Sukabumi. Perekayasaan ini meliputi produksi induk melalui silang-balik (tahun 2000), uji keturunan benih dari induk hasil silang-balik (tahun 2001), dan aplikasi produksi induk silang-balik (tahun 2002 – 2004).
Genetic improvement of catfish brooder has been done in Sukabumi Freshwater Aquaculture Development Center. The research include brooder production using back-cross strategy (year 2000), progeny test (year 2001) and implementing of back-cross brooder production (years 2002 – 2004).

Hasil perekayasaan ini menghasilkan lele SANGKURIANG yang memiliki karakteristik reproduksi dan pertumbuhan yang lebih baik dibandingkan dengan lele dumbo yang saat ini beredar di masyarakat. Lele SANGKURIANG memiliki fekunditas 33.33% lebih tinggi dibandingkan lele dumbo dan umur pertama matang gonad yang lebih tua. Pertumbuhan benih lele SANGKURIANG pada pemeliharaan umur 5-26 hari menghasilkan laju pertumbuhan harian 43.57% lebih tinggi dibandingkan lele dumbo sedangkan pada pemeliharaan umur 26-40 hari 14.61% lebih tinggi. Pada pembesaran calon induk tingkat pertama dan kedua, lele SANGKURIANG menghasilkan laju pertumbuhan yang lebih tinggi dibandingkan lele dumbo yaitu 11.36% dan 16.44%. Sedangkan pada pembesaran kelas konsumsi, konversi pakan pada lele SANGKURIANG hanya mencapai 0.8 dibandingkan lele dumbo yang mencapai > 1.
Diseminasi induk/benih yang bermutu kepada para pembenih/UPR telah dilakukan ke beberapa sentra budidaya lele dan didukung dengan diseminasi teknologi budidayanya. 

catatan:

Mengenai Lele SANGKURIANG yang nongkrong di blog ini berasal dari makalah lain (selalu ditandai dengan adanya penulisan referensi) sehingga untuk penulisan referensi ilmiah, sebagai berikut: 

Sunarma, A., 2004.  Peningkatan Produktifitas Usaha Lele SANGKURIANG (Clarias sp.).  Makalah disampaikan pada Temu Unit Pelaksana Teknis (UPT) dan Temu Usaha Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya, Departemen Kelautan dan Perikanan, Bandung 04 – 07 Oktober 2004.  Bandung.  13 halaman. 

ups…further text not available in english!

21 comments

  1. Korlap Subang says:

    Subang 8 Januari 2008

    On My Mind…

    Hebat lah….
    Komentar saya yang pertama, all the best for indoor community,….

    sayang, gan … euweuh foto saya (pede pisan)… inti na mah para komunitas indoor, gihu…

    best regrads

    Korlap Subang
    (Gitaris Indoor Periode 2004)

    nih ada: Korlap Subang, Juragan n Korlap Bandung…!!!

    dalam kebersamaan INDOOR Community

  2. R34R's Ginanjar says:

    Ngomong-ngomong belajar dari lele sangkuriang… Klo saya bener-bener belajar banyak…

    - Gara-gara belajar Lele sangkuriang, PKL saya dapet A… Pertanggungjawaban di depan ahli Lele Sangkuriang (Prof. Rustidja)
    - Gara-gara belajar lele sangkuriang, saya jadi idola baru di kampus…. he he he..

    Thanks for everything…
    Terutama buat Juragan Indoor, makasih buat dukungan dan ilmunya. Siapa tau saya bisa jadi ahli kayak bapak… Blogna keren euy… tapi saya bisa minta link yang ikan hias gak pak….

    Juga buat semua anggota indoor community (saha wae nu ngarasa) hatur nuhun…. Siapa tau kita bisa ketemu lagi… (gimana klo diadain sarasehan gitu gan…?)

    Miss u all guys….

    R34R’s Ginanjar
    (Indoor Community periode 2005)

    re ikan hias: info ikan hias dapat ditemukan di http://www.o-fish.com
    re saresehan: bagus juga tuh, sekalian grang opening http://sunarma.net …….he69x!

  3. calie says:

    nice blog , sir…

  4. cucu muktiana says:

    BUat SeMua IndooR ComUnitY Yang Belum MasuK, Di SArankan Untk MasUk BlOg INI, Mudah2an Bisa SALing Tukar InformASi dan ajang siLaturahmi……. DAri Sabang Sampai Merouke D tunggu KAbarnya…..

    BAnduNg “KOrlap”

  5. Bujang Asoy... says:

    I’ve already learn a lot in Sangkuriang catfish, it’s all about science, solidarity, friendship, togetherness and cereces barbeque…. he he he
    Hope can found another lovely place like indoor hatchery..

    For Si MeDok… It’s time to move on…
    Hopefully Si Medok will be an enormous and famous place in BBPBAT like indoor hatchery used to.
    And i’m really hope that Si MeDok would be a nice and a comfort place for study, looking some friends and girlfriends…
    And don’t forget it’s all about cereces barbeque and liwet food…

    Wish all the best for Si Medok….

    Viva Si Medok…

    Bujang Asoy…

    (Eks Indoor 2005 now join in Si Medok)

  6. yomi says:

    pak bgmn caray membudidayakan ikan lele,dalam jangka 1 bln bisa atau tdak?trus bgmn crnya mmberi makan ikan,yang benar supaya hasilnya memuaskan?
    kalu boleh tau,apa umpan atau pakan,yang paling baik?bisa di ksih tau contoh nya!sprti pelet apa contohnya?
    trimakasih YOmiee..tasikmalaya

  7. juragan says:

    lama budidaya lele bergantung pada ukuran tanam dan target panen. biasanya, pada proses pembesaran lele SANGKURIANG dari ukuran tanam 5-6 cm hingga panen 6-8 ekor/kg memerlukan waktu sekitar 45 – 60 hari, bergantung pada lingkungan dan keuletan pembudidaya.
    pemberian makan dapat dilakukan berdasarkan persentase bobot tubuh atau dengan pemberian sekenyangnya (dengan sampling tingkat kebutuhan setiap 7 – 10 hari).
    untuk dapat mengontrol produksi disarankan untuk memberikan pakan buatan. pakan dapat buatan sendiri atau pelet komersial. secara umum, pelet komersial apapun memberikan dampak pertumbuhan dan biaya operasional yang relatif sama. namun, secara prinsip, ikan harus diberi pakan secara teratur dan mencukupi.

  8. tommy says:

    Bagaimana membuat pakan lele sendiri? Bahan2 apa saja yang dibutuhkan? Bagaimana mengolah makanan lele dari sisa makanan sehari2?
    Dimana saya bisa mendapatkan bibit lele sangkuriang yang baik? Bisakah saya dapatkan nomor telponnya? Saya tinggal di Bogor. Trima kasih.

    pakan lele dalam jumlah sedikit masih memungkinkan dicetak dengan gilingan daging, tapi bila dalam jumlah banyak harus pake meisn cetak khusus. bahan-bahan dapat berupa dedak, mie (bekas), roti (bekas), tepung ikan (atau ikan yang dihancurkan) dll, bergantung pada ketersediaan dekat dengan lokasi. Dari sisa makanan Saya belum punya pengalaman tapi mungkin bisa dicoba juga dengan cara diolah dan digabungkan dengan sumber lainnya. yang penting, bahan pakan harus mengandung sumber protein, karbohidrat dan lemak

  9. huda says:

    Apakah anda benar2 pernah atau bikin pakan itu ataukah sekedar baca buku ? maaf dari penjelasan anda kok kayaknya anda sendiri kurang yakin.

    bila yang Anda maksud adalah bahan pakan dari sisa makanan, seperti yang Saya tulis, Saya belum punya pengalaman. sedangkan bila dari bahan lain, sudah ada yang melakukan baik untuk lele ataupun ikan lain, dan sangat bergantung pada ketersediaan di lokasi. Sejauh ini, pada produksi induk lele SANGKURIANG, selalu menggunakan pakan komersial.
    Selain itu, Saya sendiri tidak punya pengalaman langsung pada pembuatan pakan, karena kajian Saya pada bidang lain (dan sejujurnya, Saya belum tertarik untuk membaca buku “pakan” dari penerbit dalam negeri kecuali beberapa referensi dari luar negeri sebatas yang ada kaitannya dengan bidang kajian Saya). Bahan-bahan pakan yang Saya sarankan secara umum Saya temukan banyak digunakan pada proses pembuatan pakan di lapangan secara home industri

  10. agus says:

    benih ikan lele sangkuriang umur 3-4 minggu yang saya pelihara sering menggantung diam, posisi kepala di atas dan ekor dibawah kemudian nafsu makan berkurang.
    kalau boleh tau penyakit apa yang menyerang ikan lele saya, kemudian cara pencegahan dan pengobatannya bagaimana?

    benih ‘menggantung’ banyak menjadi momok menakutkan pada usaha pembenihan lele. biasanya ‘menggantung’ merupakan kondisi paling parah yang sudah terjadi pada benih. penyebab utamanya penyakit, biasanya cacingan atau kembung. pada beberapa kasus, terutama pada musim dingin, dapat pula komplikasi dengan bintik putih. biasanya diakibatkan karena kondisi air yang kurang bagus, baik pada kolam tanah atau plastik/tembok.
    bergantung pada tingkat pengalaman, sebelum terjadi ‘menggantung’ seharusnya sudah terlihat gejalanya berupa napsu makan yang turun. pemanenan yang dilanjutkan dengan pengobatan ikan (dapat menggunakan garam) pada tempat terkontrol biasanya dapat menyelamatkan benih. bila sudah terlanjur terkena, biasanya cukup sulit diatasi.

  11. agus says:

    Terimakasih atas informasinya.
    Semoga dunia perlelean indonesia (khususnya lele sangkuriang) makin terkenal dunia.

  12. nuki says:

    saya mw menanyakan tentang cara pembesaran lele sangkuriang?saya beli dari ukuran 2-3cm..kira-kira brpa lama itu lele jadi ukuran konsumsi?

    pembesaran lele SANGKURIANG relatif mudah meskipun seperti juga pada ikan lainnya memerlukan pemahaman teknik budidaya yang benar. yang penting, beri makan secara teratur dengan jumlah yang mencukupi. lama pemeliharaan dari ukuran 2-3 cm sampai dengan ukuran konsumsi 6-8 ekor/kg sekitar 70 hari

  13. dwi says:

    hallo para pecinta lele termasuk Doro Juragan …he…he….
    mau minta tolong nih , untuk rekan2 yang tau cara ngobatin bibit lele plesee tolong dong……….
    penyakit :
    1.perut kembung.
    2. tubuh memutih dan mulut.
    3.tubuh ada bulu – bulu nya.
    untuk rekan 2 tolong kirimkan ke Email kuuuuuuu
    heroic_core@yahoo.co.id
    TREEEmakashihhhh…………

  14. faisal rianto says:

    Bos minta alamat BBPBAT Sukabumi, CP untuk pembelian benih nya dengan siapa ya.
    Harga untuk ukuran 3-4 cm dan 9-10 cm berapa bos.
    Terimakasih.

    Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Tawar, Jl. Selabintana 37 SUKABUMI 43114 Telp 0266 225211. Bisa ditanyakan CP untuk lele kepada operator

  15. Sutisna AM says:

    Yth. Kep. BBPBAT Sukabumi. Saya dari HU. Galamedia, mohon gambar/sket kolam ikan lele terpal. Dan alamat di Bandung atau Garut untuk mendapatkan benih ikan lele Sangkuriang. Terima kasih

  16. budi says:

    rekan yang berniat untuk wirausaha budidaya ikan lele or agribisnis lainnya,bilamana butuh lahan,mari kita kerjasama,saya punya lahan sawah di daerah kopo bandung kl.3000m2.Hp.022-91262704

  17. robi says:

    Saya mulai membibitkan lele muali ukuran 2-3 cm
    sampai 8-10 cm
    di daerah Tasikmalaya Jawa barat.
    tepatnya di sentral peuyeum rajapolah. dekat mesjid iceu.

  18. robi says:

    saya tertarik di dunia lele. dan saya mencoba membuat web obilele.wordpress.com
    sekalian mencoba bermitra di daerah tasikmalaya.
    telf saya (roby)

  19. Subandi says:

    Dimana alamat penjualan benih lele sangkuriang yg berada di jogjakarta.trims

  20. diding m says:

    Halo sobat saya mau belajar membuat bibit lele,bagi yang tahu caranya tolong kasih tahu dong,mudah2an dapat ilmbalan dari yang maha kuasa amien

  21. Yosep W says:

    bibit/benih lele sangkuriang dengan berbagai ukuran, kualitas terjamin dari hasil pembenihan sendiri

Leave a Reply